Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Praktik Pembuatan Alat Praktikum Fisika Sederhana dan Media Pembelajaran berupa E-modul untuk Fisika Sekolah Menengah

Palangkaraya- Media pembelajaran adalah segala bentuk alat atau bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami dan menguasai materi pelajaran. Media ini dapat berupa objek fisik, teknologi, atau kombinasi keduanya yang dirancang dengan tujuan mengkomunikasikan informasi secara lebih efektif dan memfasilitasi pemahaman serta retensi konsep-konsep pembelajaran. Tujuan dari penggunaan media pembelajaran adalah untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, bermakna, dan interaktif, sehingga membantu peserta didik dalam memahami konten pelajaran dengan lebih baik. Salah satu mata kuliah yang ada di Program Studi Tadris Fisika ialah membuat media pembelajaran dan E-modul.

Kamis, 9 November 2023, Para mahasiswa/i program studi Tadris Fisika melakukan yang namanya pembuatan media sekaligus pemasukkan rancangan media yang akan dibuat, dan dosen dari Mata kuliah Media Pembelajaran ini ialah ibu Hadma Yuliani, M.Pd., M.Si. yang akan memberikan masukan kepada media yang dibuat oleh para mahasiswa IAIN Palangkaraya, Program Studi Tadris Fisika.

Media yang dibuat oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah media pembelajaran ini bermacam jenisnya seperti Media Pembelajaran pada Bidang Miring, Media Pembelajaran pada Kesetimbangan, Media Pembelajaran pada materi Hukum Hooke dan lainnya.


Selain dari membuat media, mahasiswa akan membuat E-modul pada hari Kamis, 16 November 2023 yang di ajarkan oleh salah satu alumni mahasiswa IAIN Palangkaraya, Program Studi Tadris Fisika yaitu dengan kak Maryam. E-modul merupakan alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya secara elektronik. Tujuan dari pembuatan e-modul adalah:
1.    Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal
2.    Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera, baik peserta belajar maupun guru/ instruktur.
3.    Dapat digunakan secara tepat dan bervariasi, seperti untuk meningkatkan motivasi dan gairah belajar; mengembangkan kemampuan dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya yang memungkinkan siswa atau pebelajar belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya.
4.    Memungkinkan peserta didik dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.

Dengan pembelajaran praktik langsung pada Prodi Tadris Fisika, mahasiswa calon guru fisika dapat mengenal dan membuat berbagai media pembelajaran yang relevan dan menarik bagi siswa. Untuk melihat lebih banyak tentang Media Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah, silahkan kunjungi tautan https://fisika.ftik.iain-palangkaraya.ac.id/search/label/Luaran (thr/jhl).

Post a Comment for "Praktik Pembuatan Alat Praktikum Fisika Sederhana dan Media Pembelajaran berupa E-modul untuk Fisika Sekolah Menengah"