Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kajian Fiqih Praktis Mahasantri Mabit Rolling 2 Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya

Mahasantri putra Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya

Kontributor dan penulis berita: Isnaini Dyas Tari (2311130003)

Palangkaraya  - Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya melaksanakan kegiatan rutin sebagai syarat kelulusan Ma’had Al-Jami’ah, di Masjid Raya Darussalam. Fiqih adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai ajaran dan hukum Islam. Fiqih adalah ilmu yang berkaitan dengan aturan Islam Al-Qur’an dan Sunnah, yang berfungsi untuk membimbing umat menuju jalan yang lurus. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini yaitu untuk membekali mahasantri agar lebih memahami makna dan keunggulan agama Islam.

Adapun kegiatan kajian fiqih praktis ini diikuti oleh mahasantri putra dan mahasantri putri rolling 2 Ma’had Al-Jami’ah yang kurang lebih berjumlah 230 mahasantri dan dihadiri oleh ustadz Zulkifli sebagai pemateri.
Mahasantri rolling 2 angkatan 2023 Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya melakukan kajian fiqih praktis pada pertemuan ketiga di Masjid Raya Darussalam, kajian fiqih praktis rutin dilakukan pada kamis subuh setelah selesai shalat berjamaah, selasa subuh (09/11/2023) pukul 05:00 s/d 06:00 WIB. Yang bertempat di lantai 2 ruang utama Masjid Raya Darussalam.

Ustadz Zulkifli sebagai pemateri kajian fiqih praktis, menjelaskan tentang bab mandi wajib dan bab tayamum. Pada bab mandi wajib dijelaskan rukun-rukun mandi wajib, sunnah-sunnah mandi wajib, dan mandi-mandi yang disunnahkan. Sedangkan pada bab tayamum dijelaskan syarat-syarat tayamum, fardhu-fardhu tayamum, sunnah-sunnah tayamum, dan macam-macam najis yang keluar dari tubuh, dan hukum menghilangkan najis itu wajib ketika kita hendak sholat.

Mahasantri putra Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya

Mahasantri putra membentuk sebuah halaqah dan mahasantri putri tetap berada di tempatnya dan sedikit merapat, kemudian dipimpin moderator oleh salah satu musyrif yaitu al-akh Aly Hidayat. Dan di akhir kegiatan diberikan sesi tanya jawab untuk mahasantri. Setelah itu kegiatan ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh ustad Zulkifli (isn/jhl).



Post a Comment for "Kajian Fiqih Praktis Mahasantri Mabit Rolling 2 Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya"