Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I Topik Terakhir di Laboratorium Fisika Dasar IAIN Palangka Raya

Kontributor dan penulis berita: Muhammad Rizky Fadilah (2311130013)

Palangka Raya- Praktikum merupakan kegiatan belajar yang berbentu pengamatan terhadap percobaan atau pengujian di Laboratorium yang diikuti dengan analisis data serta kesimpulan hasil pengamatan. Praktikum biasanya berpanduan pada Modul yang telah disusun agar dapat mempermudah jalannya praktikum. Program Studi Tadris Fisika IAIN Palangka Raya mempunyai beberapa praktikum yang biasanya dilaksanakan pada setiap semester salah satunya adalah Praktikum Fisika Dasar I.

Senin 23 Oktober 2023, mahasiswa/i program studi Tadris Fisika, FTIK, IAIN Palangka Raya angkatan 2023 telah melakukan praktikum terakhir mata kuliah Praktikum Fisika Dasar I dengan Dosen Pengampu Dr. Santiani, S.Si., M.Pd dan dibimbing oleh Asisten Praktikum Shofia Amirah, Jihan, dan Khiyaratul Ifada. Judul dari topik praktikum terakhir atau topik IV (keempat) yaitu Indeks Bias Air Gambut Palangka Raya. Tujuan dari praktikum ini adalah untuk mentukan nilai indeks bias sinar laser yang dipancarkan ke kaca plan paralel yang berisi air gambut.

Pada praktikum ini mahasiswa/i program studi Tadris Fisika IAIN Palangka Raya angkatan 2023 dibimbing oleh asisten praktikum dalam melaksanakan praktikum terakhir ini. Adapun beberapa momen yang bisa di abadikan pada praktikum ini yaitu:

1. Semangat mahasiswa dalam mengambil hasil pengamatan agar tepat dan sesuai.

 

Pada foto ini, mahasiswa/i Tadris Fisika angkatan 2023 sedang melaksanakan praktikum topik ke IV bersama para Asisten Praktikum yang didahului oleh kelompok 1 dan 3. Sementara itu, kelompok 2 dan 4 sedang berdiskusi mengenai praktikum dan mempersiapkan kelengkapan untuk melaksanakan praktikum setelah kelompok 1 dan 3 menyelesaikan praktikum.


2. Kerjasama tim yang mungkin tidak akan sama lagi anggota kelompoknya di praktikum
selanjutnya.

Praktikan pada foto di atas berasal dari kelompok 3 yang sedang melaksanakan praktikum. Terlihat para praktikan sedang mengerjakan tugasnya masing-masing dalam melaksanakan praktikum. Ada yang tugasnya bagian menjalankan alat dan bahan, menulis data berdasarkan hasil sementara yang di dapat dari praktek, hingga bagian yang mendokumentasikan kegiatan kelompoknya pada saat praktikum berlangsung.


3. Momen foto bersama asisten praktikum yang telah membimbing selama praktikum berlangsung.

Foto unggulan di atas diambil selepas praktikum topik IV (Empat) atau topik terakhir telah selesai dilakukan oleh mahasiswa/i Tadris Fisika IAIN Palangka Raya angkatan 2023. Setelah mengabadikan momen terakhir praktikum ini, salah satu mahasiswa bersorak, “Horeee akhirnya sarjanaa!” dalam konteks bercanda. Spontan seluruh mahasiswa yang ada di Laboratorium tertawa mendengar candaan tersebut.

Adapun judul dari topik-topik praktikum sebelumnya yang telah dilakukan oleh mahasiswa program studi Tadris Fisika IAIN Palangka Raya angkatan 2023 pada bulan Oktober tahun 2023 yaitu:

1. Topik I – Massa Jenis Tanah Gambut dan Air Gambut
2. Topik II – Usaha dan Energi pada Bidang Miring
3. Topik III – Viskositas Air Gambut Palangka Raya

Diharapkan pada praktikum selanjutnya dapat membangun kekeluargaan dan kerja sama tim yang lebih baik lagi, serta dapat memberikan pengetahuan yang lebih lagi pada praktikum selanjutnya (rzf/jhl).

Post a Comment for " Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I Topik Terakhir di Laboratorium Fisika Dasar IAIN Palangka Raya"