Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ma'had Al Jami'ah Gelar Agenda Mingguan Kultum Untuk Meningkatkan Kebersamaan Antar Mahasantri

Kegiatan Kultum kelompok 1 member sister Normala

Kontributor dan penulis berita: Siti Azizah (2311130005)

Palangka Raya-Mahasantri putri Ma'had Al Jami'ah IAIN Palangka Raya melakukan agenda kultum. Ma'had Al Jami'ah merupakan asrama kampus yang ada di lingkungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. Agenda di Ma'had Al Jami'ah IAIN Palangka Raya mencakup berbagai kegiatan akademis dan keagamaan.  Ini termasuk Bapi, Kultum dan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti pengajian dan peringatan hari besar Islam. Selain itu, Ma'had juga  memiliki program pengembangan soft skills, kegiatan sosial, dan kegiatan ekstrakurikuler untuk membentuk karakter dan kepribadian mahasantri.


Kultum adalah salah satu agenda yang ada di Ma’had Al Jami’ah. Kultum merupakan metode ceramah untuk menyampaikan nasehat dengan durasi waktu yang lebih singkat.  Dengan adanya kultum ini memberikan inspirasi dan motivasi kepada mahasantri untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang agama dan memperkuat iman mereka.

Rabu, 8 November 2023 untuk pertama kalinya dalam roling dua melakukan agenda kultum yang dilaksanakan setiap malam kamis. Kagiatan ini dilakukan di asrama putri Ma'had Al Jami'ah, yang biasanya dilakukan dengan sister nya masing masing.  Yang terlibat di dalam kultum dengan sister Normala yaitu, sister Normala, dan adapun member dari sister Normala yaitu 4 mahasantri muqim dan 8 mahasantri mabit.

Foto Member sister Normala

 
Agenda kultum yang dilakukan member sister Normala  yang di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, diikuti oleh kultum yang disampaikan oleh kelompok 1. Isi kultum dari kelompok 1 mengangkat tema menuntut ilmu sebagai kunci keberkahan hidup. Kajian ini menekankan pentingnya pengetahuan sebagai landasan utama untuk membimbing kehidupan sehari-hari. Salah satu anggota kelompok satu yang bernama Shela menjelaskan bahwa tuntutan ilmu bukan hanya kewajiban, tetapi juga bentuk ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. “Ilmu memberi cahaya pada jalan hidup kita. Dengan memahami ilmu, kita dapat mengambil keputusan yang bijak dan memberi manfaat kepada sesama,” ujar shela.

Kultum yang di akhiri dengan doa agar Allah memberikan keberkahan dalam setiap langkah kita dalam menuntut ilmu, meninggalkan kesan mendalam dihati para pendengar. Semoga kultum ini menjadi pemicu semangat untuk terus mengejar ilmu sebagai bentuk ibadah yang diberkahi. Kegiatan rutin yang diadakan setiap minggu ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mahasantri putri di Ma'had Al Jamiah. Agenda ini bertujuan untuk memberikan pemahaman agama yang mendalam dan mendukung pembentukan karakter yang kuat serta membantu publik speaking di kalangan mahasantri putri (sta/jhl).

Post a Comment for "Ma'had Al Jami'ah Gelar Agenda Mingguan Kultum Untuk Meningkatkan Kebersamaan Antar Mahasantri "