Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LATIHAN TARI HADRAH MAHASISWA LSBM DALAM PERSIAPAN PAGELARAN SENI 2024

 

Latihan Tari Hadrah di Gedung Bundar/Pascasarjana IAIN Palangka Raya


Kontributor dan penulis berita: Norhikmah (2311130014)

Palangkaraya(8/11) - Lembaga Seni dan Budaya Mahasiswa IAIN Palangka Raya merupakan suatu organisasi atau wadah untuk mengembangkan bakat dan minat para mahasiswa IAIN Palangka Raya dalam keterampilan seni dan budaya. LSBM memiliki banyak sektor salah satunya yaitu tari hadrah. Tari hadrah adalah sebuah tarian yang bernafaskan Islami dengan menggunakan properti berupa rebana sambil melantunkan syair puji-pujian kepada Allah dan Rasulullah.

Beberapa mahasiswi IAIN Palangka Raya yang menjadi anggota LSBM IAIN Palangka Raya dalam sektor hadrah, melaksanakan latihan rutin di Gedung Bundar/ Pascasarjana IAIN Palangka Raya serta terkadang di Sekretariat Lembaga Seni dan Budaya Mahasiswa. Latihan dilakukan dua kali dalam seminggu, yaitu pada hari sabtu jam 14.00 - 16.00 Wib dan pada hari minggu jam 09.00 -13.00 Wib. Latihan tari hadrah dilakukan untuk persiapan tampil pada pagelaran seni 2024 nanti.

Pagelaran seni merupakan suatu kegiatan untuk memperkenalkan atau menunjukkan hasil karya seni musik, tari, teater atau drama dan lainnya kepada masyarakat luas. "Pagelaran seni diadakan oleh LSBM IAIN Palangka Raya, yang Insyaa Allah akan dilaksanakan pada bulan februari 2024, bertempat di Aula Utama IAIN Palangka Raya", ujar salah satu pelatih sektor hadrah. Adapun dalam sektor hadrah terdapat dua orang penanggung jawabnya yang sudah senior serta berpengalaman dalam tari hadrah dan mereka bertugas untuk melatih para penari hadrah yang akan tampil.



Dokumentasi Latihan Tari Hadrah di Sekretariat LSBM IAIN Palangka Raya


Latihan persiapan untuk pagelaran seni ini tidak hanya mencakup aspek fisik saja tapi juga dibutuhkan kesabaran keterampilan dan kefokusan serta kekompakan dalam kelompok agar bisa mengimbangi gerakan tari yang terdiri dari gerakan rodat berupa gerakan seperti berdzikir, menyerukan shalawat, gerakan berdoa kepada Allah, dan gerakan rodat lainnya yang diringi dengan suasana penyambutan. Secara umum, gerakan tari ini cukup lincah dan indah serta bervariatif dan tidak monoton. Mengingat koreografi yang banyak dan waktu latihan yang cukup singkat, para penari hadrah berusaha berlatih semaksimal mungkin agar dapat menampilkan yang terbaik tanpa kendala apapun.


Coming Soon Tari Hadrah dalam Pagelaran Seni 2024!!!
Kreativitas tanpa batas.... (nhm/jhl)

Post a Comment for "LATIHAN TARI HADRAH MAHASISWA LSBM DALAM PERSIAPAN PAGELARAN SENI 2024"