Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Santri Ma'had Al Jamiah IAIN Palangka Raya Meramaikan Perlombaan Drama dan Syarhil Mahasantri Challenge 2023

Lomba syarhil (foto peserta)


Kontributor dan Penulis Berita: Novia Aulia (2311130010)


Palangka Raya- Dalam puncak peringatan Hari Santri 2023, Ma'had Al-jamiah IAIN Palangka Raya Juga Melaksanakan Kegiatan Perlombaan yang disebut Mahasantri Challenge (MC). Kegiatan tersebut mengiringi Kegiatan Apel Upacara Santri yang dilaksanakan di IAIN Palangka Raya.

Hari Santri Nasional adalah sebuah perayaan yang diadakan setiap tahun di Indonesia untuk menghormati peran dan kontribusi santri dalam memajukan Pendidikan, Agama, dan Budaya. Perayaan ini diadakan pada tanggal 22 Oktober setiap tahun untuk memperingati perjuangan para santri dan peran pondok pesantren dalam pembentukan karakter, moral, dan spritualitas individu. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya menjadi tuan rumah apel upacara peringatan Hari Santri 2023 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang bertema Jihad Santri Jayakan Negeri. Dalam kegiatan perlombaan perayaan hari santri, lebih dari 200 mahasantri menghadiri kegiatan peringatan Hari Santri 2023 tingkat Ma'had Al jamiah IAIN Palangka Raya, pada Rabu malam (1/11/2023) pukul 20:00 WIB.

Suasana mahasantri challenge 2023 di Ma'had Al Jamiah IAIN Palangka Raya

Beberapa cabang lomba yang diadakan adalah lomba vokal solo, memasak, da'i -da'iah, syarhil, to be number one, fashion show, drama, short movie, cerdas cermat, futsal dan the best team. Kegiatan perlombaan ini bertujuan untuk membangun mahasantri agar memiliki rasa jihad yang tinggi dalam menjayakan negeri. Adapun untuk sambutan pada pembukaan mahasantri challenge 2023 yang disampaikan oleh ketua mudir Ma'had Al jamiah IAIN Palangka Raya yaitu ustadz Eka Suriansyah. Beliau mengatakan bahwa lomba ini akan berjalan selama kurang lebih dua pekan dan beliau beramanat sebagai seorang santri hendaknya mampu mengokohkan diri untuk berjihad dalam menuntut ilmu karena jihad santri adalah jayakan negeri sebagai mana amanat bapak menteri agama ucap beliau. Selain itu, ustadz Eka Suriansyah berpesan kepada seluruh mahasantri agar turut serta dalam perlombaan yang diadakan.

Lomba Drama Kehidupan Mahasantri

Lomba syarhil terdiri dari 3 orang yaitu sebagai pensyarah, tilawah dan sari tilawah. Lomba syarhil diikuti oleh sekitar 15 peserta yang sangat mendalami bidangnya masing-masing. Adapun pada kategori lomba drama mengangkat tema yang sangat luar biasa yaitu tentang moderasi beragama dan kehidupan mahasantri. Dalam tema ini ucap penanggung jawabnya memiliki banyak makna diantaranya ialah kita memperkenalkan bagaimana bentuk rutinitas jihad mahasantri yang memiliki cita-cita menjayakan negeri (nva/jhl).

Post a Comment for " Santri Ma'had Al Jamiah IAIN Palangka Raya Meramaikan Perlombaan Drama dan Syarhil Mahasantri Challenge 2023"