Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembelajaran Fiqih Program Studi Tadris Fisika

 

Kontributor dan penulis berita: Rian Hidayat (2311130015)

Palangka Raya - Fiqih merupakan ilmu yang mempelajari tentang hukum-hukum syara yang bersifat praktis yang diperoleh dari dalil-dalil yang jelas dan terperinci. Fiqih adalah salah satu mata kuliah yang wajib dipelajari mahasiswa Tadris Fisika, FTIK, IAIN Palangka Raya karena merupakan salah satu mata kuliah penciri prodi. Adapun penciri tersebut adalah dalam hal kajian dan penanaman karakter keislaman yang diharapkan ada pada lulusan prodi Tadris Fisika.

Fiqih adalah instrumen utama dalam pembentukan dan pengembangan hukum Islam. Secara teoritis ilmu fiqih mampu mengetahui bagaimana hukum-hukum Islam yang digunakan sebagai metode ijtihad dalam upaya menjawab masalah-masalah baru yang belum ada hukumnya dalam al-Qur’an dan Sunnah. Mata kuliah fiqih penting diberikan kepada mahasiswa karena sebagai bekal untuk berkecimpung di masyrakat dan untuk memperdalam ilmu agama juga untuk mengetahui aturan dalam islam dan untuk memahami makna dan keunggulan agama islam. Mata kuliah fiqih di ampu oleh dosen Khadijah, S.Kom.I, M.Pd. yang dilaksanakan di gedung MIPA 1.3 IAIN Palangka Raya. Pertemuan Mata kuliah ini diadakan setiap hari Kamis.

Foto proses pembelajaran yang di lakukan oleh mahasiswa

Pada tanggal 16 November 2023, pertemuan membahas tentang Fiqih Puasa. Bentuk pertemuan meliputi presentasi kelompok dan diskusi kelas. Tujuan Ilmu Fiqih adalah penerapan hukum-hukum syariat terhadap mukallaf itu sendiri. Manfaat ilmu fiqih memberi banyak petunjuk  bagi manusia tentang permasalahan keseharian, juga memberi hukum yang berhubungan dengan perbuatan. Dengan mempelajari fiqih mahasiswa dapat menambah wawasan terutama dalam ilmu agama (rhd/jhl).

Post a Comment for "Pembelajaran Fiqih Program Studi Tadris Fisika"