Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Habsyi Rutin Ma'had Al-Jami'ah Menggugah Semangat Kebersamaan dalam Menjalankan Ibadah


 Kegiatan habsyi rutinan di Ma’had Al-Jami'ah IAIN Palangkaraya

Kontributor dan penulis berita: Nur Welda Fitria Sari (2311130006)

Palangka Raya- Berbagai kegiatan yang positif disediakan untuk Mahasantri Ma'had Al Jami'ah, IAIN Palangka Raya. Beberapa mahasantri dari Prodi Tadris Fisika, FTIK, IAIN Palangka Raya juga selalu mengikuti berbagai aktivitas di dalam Ma'had. Salah satu kegiatan yang diikuti adalah kegiatan Habsyi. Habsyi berasal dari kata ”habasy” artinya pujian atau ucapan terima kasih kepada Rasulullah SAW. Kegiatan habsyi ini pertama kali muncul di kalangan masyarakat Arab Saudi pada abad ke-17. Habsyi adalah salah satu kegiatan rutin yang ada diasrama Ma'had Al-Jami'ah. Kegiatan Habsyi ini bertujuan untuk menggugah semangat kebersamaan serta meningkatkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW dengan lantunan syair-syair ke-Islaman.

Kegiatan habsyi dilaksanakan rutin setiap hari Minggu pukul 20.00 WIB yang dihadiri oleh seluruh Mahasantri di halaman utama  Ma’had Al-Jami’ah. Kegiatan habsyi ini biasanya menggunakan alat berupa gendang,terbang, bass, dan marawis. Lantunan pujian bersahut di sepanjang acara yang sejalan dengan irama alat pengiring. Hal ini membuat para peserta larut dalam syahdu dalam kecintaan terhadap Rasulullah SAW.

Para mahasantri yang mengikuti habsyi rutinan Ma’had Al-Jami'ah

Dengan semangat kebersamaan yang terus ditingkatkan melalui kegiatan Habsyi  ini, diharapkan agar Mahasantri dapat menjadi generasi yang lebih baik dalam menjalankan ibadah dan kecintaan kepada Rasulullah SAW serta berkontribusi positif bagi masyarakat (nwd/jhl).

Post a Comment for "Habsyi Rutin Ma'had Al-Jami'ah Menggugah Semangat Kebersamaan dalam Menjalankan Ibadah"