Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

In House Training Menuju Good Institute Governance

 

Palangka Raya (11/11), IAIN Palangka Raya menyelenggarakan Pelatihan Audit Internal dan Pengelolaan Keuangan Tahun 2021 di Aula Asma'ul Husna Gedung Pascasarjana IAIN Palangka Raya dengan Sub Tema: "In-House Training Pengelolaan dan Pengawasan Non Akademik di Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Menuju Good Institute Governance". Kegiatan berlangsung pada tanggal 8 - 11 November 2021 pada pukul 07.00 - 15.30 WIB. Pembukaan Acara diisi dengan Kalam Ilahi, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Do'a dan Sambutan oleh Wakil Rektor II IAIN Palangka Raya, Dr. H. Sardimi, M.Ag. Kegiatan diikuti oleh 85 orang yang terdiri atas Pengelolaan Keuangan PTN dan Peneliti dari beberapa Perguruan Tinggi di Kota Palangka Raya seperti Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Palangka Raya, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Palangka Raya, STMIK Palangka  Raya, dan Politeknik Kesehatan Palangka Raya.

 

Pada tanggal 8-10 November 2021, Pemateri dari Universites Negeri Jember, Taufik Kurrohman, S.E., M.S.A.Ak., C.A., Q.I.A., C.Fr.A., A.A.P.B., C.S.R.S., C.S.R.A menyampaikan penjabaran materi tentang Audit Internal dan Pengelolaan Keungan seperti Cost Business Perguruaan Tinggi, Perencanaan di Perguruan Tinggi, Penyusunan Program Kerja di PTN (TOR dan RAB), Pengelolaan Keuangan PTN, Pertanggungjawaban Keuangan PTN, Pengawasan/Audit Keuangan PTN dengan Moderator masing-masing sesi di setiap harinya, antara lain: Siti Maryam, S.Sos, Sugianto, S.E, M.SA, Mariadi, S.E, S.Pd.I., M.Pd. Dalam pemaparannya, pemateri menjelaskan adanya titik kritis dalam pelaksanaan anggaran sehingga sangat penting untuk berpegangang terhadap Rencana Strategis (Renstra) satuan kerja yang telah terintegrasi dengan Unit Kerja.

 

Dalam forum diskusi, peserta sangat antusias dalam mengikuti In House Training. Salah satu peserta, Dekan FTIK IAIN Palangka Raya, Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd menanyakan terkait pengelolaan keuangan dalam pelaksanaan kegiatan di lingkungan FTIK. Pemateri, Taufik Kurrohman, S.E., M.S.A.Ak., C.A., Q.I.A., C.Fr.A., A.A.P.B., C.S.R.S., C.S.R.A merespon dengan penguatan argumentasi tentang urgency keperluan dana yang sesuai serta memenuhi kriteria ekonomis, efektif,dan efesien.

 


Pada tanggal 10 November 2021, sesi pagi diisi oleh penyampaian materi dari Inspektorat Jenderal, Robiyanto Hadiwibowo, S.Pd, M.AP. Pemateri dari Inspektorat Jenderal menjabarkan tentang Pengelolaan Keuangan dalam Prespektif Pengawasan di Lingkungan Kementerian Agama Tahun 2021. Kemudian sesi siang sampai dengan sesi sore dilanjutkan kembali oleh Pemateri dari dari Universites Negeri Jember, Taufik Kurrohman, S.E., M.S.A.Ak., C.A., Q.I.A., C.Fr.A., A.A.P.B., C.S.R.S., C.S.R.A .

 

 


Hari Keempat (11/11), Pemateri, Taufik Kurrohman, S.E., M.S.A.Ak., C.A., Q.I.A., C.Fr.A., A.A.P.B., C.S.R.S., C.S.R.A menjabarakan dan membuka diskusi tentang Pertanggungjawaban Dana Penelitian/Pengabdian Masyarakat. Ada Dasar Hukum untuk dana Penelitian/Pengabdian Masyarakat. Dalam pemaparannya, pemateri menyampaikan isu utama pengelolaan dana penelitian sehingga peneliti harus dapat melakukan sinkronisasi pelaksanaan dengan pertanggungjawaban penelitian. Untuk memudahkan pelaksanaan sehingga sesuai dengan pertanggungjawaban, pemateri merekomdasikan untuk tertib dalam penulisan logbook penelitian. LP2M harus mempunyai Roadmap untuk menyusun potensi kendala serta solusi untuk kendala yang berpotensi.

1 comment for "In House Training Menuju Good Institute Governance"

  1. Pelatihan audit ini pasti sangat berguna untuk perusahaan saat mengurusi laporan keuangan perusahaan terbuka, yang nantinya akan jadi acuan untuk analisa fundamental saham
    sukses selalu ya

    ReplyDelete