Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kompetisi Sains Regional Kalimantan Tahun 2021

 


Palangka Raya (20/11), Jurusan Pendidikan MIPA FTIK IAIN Palangka Raya menyelenggarakan Kompetisi Sains Regional se-Kalimantan (KSR) secara online melalui Zoom Meeting, live stream dari Laboratorium IPA Terpadu IAIN Palangka Raya. KSR dilaksanakan dengan peraturan yang cukup ketat bagi para peserta dengan technical meeting pada tanggal 9 November 2021. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa(i) SMA/MA/SMK, serta meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreativitas dan kerja keras untuk menguasai sains dan teknologi. KSR ini meliputi 3 cabang lomba, yaitu: Tes Tulis (CBT), LKTI, dan Lomba Video Konten Kreatif.

 


Dekan FTIK IAIN Palangka Raya, Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd membuka rangkaian Kegiatan KSR pada Hari Pahlawan tanggal 10 November 2021 lalu. Dalam sambutannya, Dekan FTIK berharap kegiatan berlangsung secara sportifitas serta Kegiatan KSR ini dapat memberikan pengalaman berharga kepada siswa(i) SMA/MA/SMK dari berbagai daerah di wilayah Regional se-Kalimantan. Dalam penjabarannya, Dekan FTIK mengungkapkan rasa bahagia dengan adanya Kegiatan KSR sambil memperingati Hari Pahlawan dengan mengepakkan sayap keilmuan ke seluruh Pulau Kalimantan.




Wakil Dekan III (WD III), Asmawati, M.Pd menutup Kegiatan KSR pada tanggal 20 November 2021. Dalam sambutannya, WD III mengungkapkan rasa syukur dan bangga kepada panitia penyelenggara atas terselenggaranya Kegiatan KSR. Selain itu, WD III berharap kepada siswa(i) yang telah mengikuti KSR untuk dapat menjadikan Kegiatan ini sebagai ajang mengasah kemampuan dan menuntut ilmu dapat dilakukan dengan menyenangkan. 



Ketua Panitia Kegiatan KSR sekaligus Ketua Jurusan Pendidikan MIPA FTIK IAIN Palangka Raya, Dr. Atin Supriatin, M.Pd menjabarkan bahwa Kegiatan ini diminati banyak siswa(i) SMA/MA/SMK di wilayah Regional se-Kalimantan. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah peserta lomba. Lomba Tes Tulis diikuti oleh 363 peserta yang terdiri dari 192 Grup Biologi dan 171 Grup Fisika. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) diikuti oleh 51 Tim, yang terdiri dari 34 Tim Biologi dan 17 Tim Fisika, dan Lomba Video Konten Kreatif diikuti oleh 58 Tim yang terdiri dari 32 Tim Fisika dan 26 Tim Biologi. Adapun jumlah sekolah yang turut berpartisipasi mengirimkan siswa(i)nya dalam kegiatan KSR, yaitu: 120 sekolah tingkat SMA/MA/SMK se-Kalimantan. 

Sumber: Channel Youtube JurusanPendidikan MIPA FTIK IAIN Palangka Raya

Babak penyisihan untuk semua cabang lomba dilaksanakan pada 10 November 2021. Lomba Tes Tulis  dilaksanakan secara online menggunakan Computer Based Test (CBT). LKTI dinilai oleh juri berdasarkan essay dan video yang dikirim oleh peserta. Lomba Video Konten Kreatif dinilai oleh juri untuk kategori video kreatif terbaik. Sedangkan, untuk kategori video terfavorit dinilai berdasarkan votes poling dari audiens. Selanjutnya, Babak final akan diselenggarakan pada 17-19 November 2021.


Pengumuman pemenang sekaligus closing ceremony dilaksanakan pada tanggal 20 November 2021. Siswa(i) pemenang yang berasal dari wilayah Regional Kalimantan merasa bahagia dan haru karena telah berhasil meraih Juara. Peserta yang tidak menang menerima dengan sportifitas tinggi dan menjadikan ini sebagai pengalaman berharga mereka.







Post a Comment for "Kompetisi Sains Regional Kalimantan Tahun 2021"