Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seminar Nasional Moderasi Beragama


Palangka Raya (27/11), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya menyelenggarakan Seminar Nasional Moderasi Beragama di Aula Asma'ul Husna Gedung Pascasarjana IAIN Palangka Raya. Rangkaian acara dimulai pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan Seminar Nasional Moderasi Beragama ini mengangkat tema, "Transformasi Akademik dan Kelembagaan Menuju PTKIN Unggul dan Moderat". 57 peserta yang mengikuti Seminar Nasional ini berasal dari IAIN Palangka Raya, Ormas dan PTKN, IAHN Tampung Penyang Palangka Raya, IAKN Palangka Raya.


Rektor IAIN Palangka Raya, Dr. K.H. Khairil Anwar, M.Ag menyampaikan sambutan setelah pembacaan ayat suci Al-qur'an. Dalam sambutannya,  Rektor menyampaikan Visi IAIN, yaitu Unggul merupakan kewajiban bersama dimulai dari Prodi sampai Dekanat, Berkarakter serta Terpercaya di kawasan Asia Tahun 2039. Rektor IAIN Palangka Raya menyampaikan harapan kepada pengajar agar menerapkan toleransi di kegiatan belajar mengajar. Selain itu, Rektor IAIN Palangka Raya mengharapkan bahwa melalui penelitian dan juga pengabdian kepada masyarakat Moderasi Beragama terintegrasi dalam pelaksanaannya. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Dr. H. Taufiq Warman Mahfuzh, Lc, M.Th.I

 


Kasubdit Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag RI, Dr. H. Syafi'i, M.Ag menyampaikan materi terkait Harmoni yang moderat. Pentingnya pesan fundamental Keagamaan harus selalu disampaikan. IAIN Palangka Raya tidak hanya harus memberikan fasilitas dan infrastruktur sehingga dapat menjadi Universitas tetapi juga role input agar terbentuk sinergi yang baik dengan mitra dan pengguna. Dalam pemaparannya, Dr. H. Syafi’i, M.Ag juga menyebutkan bahwa adanya simbiosis mutualisme antar mitra dan pengguna inilah yang akan mendukung pertumbuhan Perguruan Tinggi dengan didukung 3 pilar penyangga ekosistem: masyarakat, institut dan politik.


Anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Tengah, H. Agus Pramono, S.Sos menyampaikan materi tentang Peran FKUB dalam Harmonisasi Beragama di Kalimantan Tengah Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila. 

Post a Comment for "Seminar Nasional Moderasi Beragama"