Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selangkah Lebih Dekat dengan Bulan

 

Palangka Raya (20/11), Kelompok Studi (KS) Astronomi Program Studi Tadris Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya menyelenggarakan Kegiatan Observasi Langit dengan Topik “Satu Langkah Lebih Dekat dengan Bulan”. Kegiatan dilaksanakan secara Online melalui Zoom Meeting, live stream dari Menara Masjid Raya Darussalam Palangka Raya. Dalam penyelenggaraan kegiatan, panitia pelaksana menghaturkan terimakasih atas fasilitas Menara yang dipinjamkan oleh Pengurus Masjid Darussalam untuk mendukung Kegiatan Bidang Pendidikan, terkhusus bidang Kajian Astronomi. Atas Fasilitas Menara tersebut, Alhamdulillah, panitia memperoleh hasil observasi yang jelas untuk dibagikan secara online kepada seluruh peserta dari beberapa daerah di Indonesia seperti Kalimantan Tengah, Ambon, Palembang dan Yogyakarta. 


96 peserta yang mengikuti kegiatan tidak hanya yang berstatus sebagai Pelajar tetapi juga ada yang berprofesi sebagai Dosen, Guru dan Peneliti. Kegiatan berlangsung dimulai pada pukul 18.45 WIB. Panitia membagi timnya menjadi 2, yaitu: Tim Operator di Laboratorium Fisika Dasar IAIN Palangka Raya dan Tim Operator di Menara Masjid Raya Darussalam Palangka Raya. Kegiatan observasi langit ini diselenggarakan untuk memberikan wawasan serta berdiskusi tentang Bulan dan Struktur Bulan.

Pembukaan rangkaian acara oleh Dekan FTIK IAIN Palangka Raya diwakili oleh Ketua Program Studi Tadris Fisika (Kaprodi TFS), Hadma Yuliani, M.Pd, M.Si. Dalam sambutannya, Kaprodi TFS menyampaikan rasa bangga kepada KS Astronomi yang mampu menyelenggarakan kegiatan Observasi Langit ini. Kaprodi TFS menghaturkan terimakasih atas kesediaan pemateri, Eko Hadi Gunawan, S.Kom, M.Eng untuk membagikan pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan observasi langit dalam kegiatan ini. Kaprodi TFS juga menyambut baik peserta dari beberapa daerah di Indonesia.


Pemateri dari Komunitas Penjelajah Langit, Eko Hadi Gunawan, S.Kom, M.Eng menjabarkan materi tentang Bulan dan strukturnya. Peserta antusias dalam menyimak materi yang disampaikan. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta terkait Bulan dan Strukturnya. Salah satunya ialah bagaimana membedakan satu kawah bulan (crater) dengan kawah bulan lainnya. Pemateri dengan lugas langsung menunjukkan caranya dan membagikan wawasan terkait teknik observasi langit. 


Sekilas penampakan Bulan terlihat dari Menara Masjid Raya Darussalam

 

Panitia dari KS Astronomi Prodi TFS IAIN Palangka Raya sangat bersemangat dalam menyelenggarakan kegiatan observasi langit ini hingga selesai. Walaupun bulan sempat tertutup awan tetapi Panitia berhasil menunjukkan perekaman layar. Hasil bidikan terlihat jelas menggunakan teleskop dan fasilitas lain yang Institut sediakan untuk mendukung pembelajaran di IAIN Palangka Raya. Dosen Prodi TFS, Luvia Ranggi Nastiti, S.Si, M.Pd menyampaikan kesan bangga dan bahagia telah mengikuti kegiatan Observasi langit ini. Selain itu, Dosen yang juga calon kandidat Doktor ini berpesan dalam penutupan acara agar KS Astronomi tetap menjaga semangat dan terus-menerus belajar dalam mengembangkan teknik observasi langit.





Post a Comment for "Selangkah Lebih Dekat dengan Bulan"