Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGENALAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN-2 SEBAMBAN


Hadirnya teknologi sangatlah penting dalam dunia pendidikan salah satunya adalah sebagai penunjang sistem pembelajaran. Di samping itu, penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat mendorong manusia untuk berubah dari pembelajaran konvensional menuju pembelajaran modern. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam pendidikan untuk menunjang proses belajar dapat berbentuk video pembelajaran.  Video pembelajaran termasuk jenis media audio visual yang dapat menyampaikan informasi dan lebih mampu untuk mendeskripsikan suatu masalah atau konsep yang bersifat abstrak dan tidak lengkap menjadi lebih jelas. Video pembelajaran dapat digunakan untuk membantu dalam proses belajar mengajar.




Pembelajaran dilakukan di SD Negeri 2 Sebamban kelas V pada mata pelajaran IPA pada tanggal 13-19 Agustus 2021. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan KKN. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa melakukan pengabdian berupa pengenalan video pembelajaranVideo pembelajaran berupa animasi kartun bergerak yang disertai dengan suara sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, durasi video yang tidak terlalu panjang dan penyampaian materi dengan bahasa yang mudah dipahami siswa sekolah dasar menjadi lebih mudah untuk diterima oleh siswa. Hal ini ditandai dengan sikap siswa yang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta menyimak dengan seksama proses pemutaran video. Di samping itu siswa juga terlihat mencatat beberapa poin penting yang terdapat pada video pembelajaran  dan mendiskusikannya.




Diharapkan dengan adanya kegiatan pengenalan video pembelajaran ini dapat menjadi rujukan pendidik untuk mengembangkan media belajar menggunakan video pembelajaran, khususnya pada pembelajaran IPA. karena dilihat dari gambar diatas menunjukan bahwa siswa terlihat menikmati  menonton video pembelajaran yang memuat materi organ pencernaan manusia. Hal ini menandakan bahwa video pembelajaran mendapat respon positif dan dapat diterima dengan baik oleh siswa sebagai pendamping pembelajaran. Selain itu, kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah.



 

Post a Comment for "PENGENALAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN-2 SEBAMBAN"