Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Implementasi Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 1 Desa Parebok





Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan pada peserta didik untuk mencapai hasil belajar. pembelajaran dapat di implementasikan dengan Discovery Learning. Discovery Learning adalah model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu peserta didik memperbaiki dan meningkatkan keterampilan-keterampilan dan proses kognitif; membantu peserta didik memperkuat konsep dirinya, karena memperoleh kepercayaan bekerja sama dengan yang lain; dan peserta didik menjadi aktif dalam kegiatan belajar mengajar.




Pembelajaran dilakukan di SD Negeri 1 Desa Parebok kelas IV pada mata pelajaran IPA pada tanggal 2-13 Agustus 2021. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan KKN. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa melakukan pengabdian berupa pengenalan model pembelajaran Discovery Learning. Diharapkan dengan pengabdian ini dapat memberikan manfaat secara langsung maupun tidak langsung antara lain:
Secara teoritis memberikan sumbangan pada perkembangan ilmu pendidikan, terutama penerapan model-model pembelajaran untuk meningkatkan hasil proses pembelajaran dan hasil belajar di kelas.
Secara Praktis. Bagi peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar dan solidaritas peserta didik untuk menemukan pengetahuan dan mengembangkan wawasan. Bagi pendidik dapat meningkatkan kemampuan pendidik dalam merancang model pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning, sehingga pembelajan akan lebih efektif, kreatif, dan efesien. Bagi sekolah dapat menjadi bahan masukan untuk memperbaiki praktik-praktik pembelajaran pendidik agar menjadi efektif dan efesien sehingga kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik meningkat.

Post a Comment for "Implementasi Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 1 Desa Parebok"