Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Penyusunan Kembali Roadmap Penelitian dan Pengabdian serta Revisi Kurikulum Bersama Ketua PPPFI-PTKIN

 

Palangka Raya- Peningkatan kualitas pelayanan akademis di Prodi Tadris Fisika merupakan suatu keniscayaan. Salah satunya adalah penyusunan kembali Roadmap Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Revisi Kurikulum. Untuk mempersiapkan kegiatan-kegiatan tersebut, telah dilakukan kegiatan pendahuluan berupa penyamaan persepsi terkait Roadmap Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta Revisi Kurikulum. Kegiatan ini berlangsung pada Hari Jum'at, 27 Oktober 2023 di Ruang Laboratorium Fisika Dasar, IAIN Palangka Raya.

Dalam kegiatan ini sebagai narasumber adalah Ketua Perkumpulan Prodi Pendidikan Fisika Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan PPPFI-PTKIN. Beliau adalah Dr. Adam Malik, M.Pd., dari Prodi Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kurikulum merupakan suatu yang terkait satu sama lainnya. Semua diawali dengan kompetensi keahlian masing-masing dosen terutama yang telah menyelesaikan studi doktoral. "Dari roadmap penelitian, akan terbentuk mata kuliah pilihan dan mata kuliah keahlian pada kurikulum. Ada konsistensi mata kuliah yang diajar oleh satu dosen pada tiap semester untuk mencapai tujuan roadmap melalui susunan mata kuliah," ungkap Dr. Adam Malik.

Kegiatan ini diikuti oleh 6 orang DTPS. Para peserta mendapat pemahaman dan kesamaan persepsi mengenai kurikulum dan jenjang karir dosen. "Karena nantinya dalam satu Perguruan Tinggi, hanya ada satu guru besar dengan satu bidang ilmu penugasan. Jika sejak awal tidak ditentukan, nantinya tidak bisa menjadi guru besar karena sudah ada bidang ilmu yang melekat pada profesor yang lebih senior."


.

Semoga kegiatan ini selalu membawa prodi TFS lebih baik menuju Prodi yang Unggul. (nad/jhl)

Post a Comment for "Persiapan Penyusunan Kembali Roadmap Penelitian dan Pengabdian serta Revisi Kurikulum Bersama Ketua PPPFI-PTKIN"