Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kuliah Tamu dengan Topik Mitigasi Bencana di Program Studi Tadris Fisika

 

Palangka Raya (19/10), Fisika memiliki ruang lingkup yang luas dalam mempelajari alam beserta kondisinya. Salah satu pembahasannya mencakup Bumi dan Antariksa. Dalam rangka memperkaya wawasan dan pengetahuan, Program Studi menyelenggarakan Kuliah Tamu bersama Narasumber dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Drs. Abdul Basid, M.Si dan Rusli, M.Si. Kegiatan Kuliah Tamu ini diselenggarakan di Laboratorium IPA Terpadu IAIN Palangka Raya. Rangkaian kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan peserta berjumlah 35 mahasiswa(i) Program Studi Tadris Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, FTIK. IAIN Palangka Raya.

Drs. Abdul Basid, M.Si selaku Narasumber sedang memaparkan topik terkait Penelitian Beliau bersama Rusli, M.Si

Ilmu pengetahuan dipelajari agar dapat mengatasi kendala seperti bencana. Bapak Drs. Abdul Basid, M.Si bersama Bapak Rusli, M.Si memjabarkan topik Mitigasi Bencana pada Kegiatan Kuliah Tamu. Topik ini merupakan hasil penelitian kolaborasi kedua Narasumber. Jumlah Kejadian Bencana Alam di Indonesia Tahun 2022 mencatat jenis bencana seperti banjir, cuaca ekstrim, tanah longsor, gempa bumi sampai dengan gunung meletus. Banjir menduduki posisi pertama berdasarkan jumlah kejadiannya. Kalimantan Tengah tidak luput dari sorotan terkait banjir yang terjadi di musim hujannya.  Dalam pemaparan Narasumber, mitigasi dipaparkan sebagai tindakan yang kontinu untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan risiko jangka panjang terhadap manusia dan properti dari bahaya alam dan dampaknya.

Materi yang disampaikan Narasumber dalam Kegiatan Kuliah Tamu memuncul antusias terhadap topik Mitigasi Bencana. Salah satu mahasiswa Prodi TFS bahkan menanyakan terkait integrasi Al-Qur'an dengan topik yang dipaparkan oleh Narasumber.


Post a Comment for "Kuliah Tamu dengan Topik Mitigasi Bencana di Program Studi Tadris Fisika"