Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mahasiswa Tadris Fisika Mengenalkan Pemanfaatan Limbah sebagai Media Pembelajaran


PALANGKA RAYA - Program Studi Tadris Fisika IAIN Palangka Raya kembali melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kali ini dilaksanakan bersamaan dengan program Praktik Mengajar II. Kegiatan tersebut dilaksanakan di MTs Darul Falah Maliku - Pulang Pisau terhitung dari tanggal 03 sampai 25 September 2021. Pada pelaksanaannya, kegiatan pengabdian dilakukan oleh tim yang terdiri dari 1 orang mahasiswa praktikan, 1 orang guru pendamping, dan 1 orang dosen pembimbing. Adapun peserta pengabdian dalam kegiatan ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Falah Maliku.


Kegiatan pengabdian dilakukan melalui 3 tahapan; yaitu tahap persiapan,  tahap pelaksanaan, dan tahap penutup. Pada tahap persiapan tim melaksanakan pembekalan dan observasi atau kunjungan awal ke tempat yang dijadikan tujuan pengabdian. Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan pengabdian dilakukan oleh mahasiswa praktikan dengan memulai praktik mengajar. Pada tahap ini pula, mahasiswa mengenalkan media pembelajaran dengan memanfaatkan limbah atau barang bekas. Adapun limbah yang terdiri dari sterofoam dan potongan kertas karton dibuat menjadi puzzle yang dapat digunakan dalam pembelajaran.



Pada tahap penutup, tim pengabdian menyebarkan angket respons kepada peserta pengabdian. Dari angket yang telah dikumpulkan diketahui bahwa siswa puas terhadap pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan media pembelajaran kreatif berbahan dasar limbah tersebut.


Post a Comment for "Mahasiswa Tadris Fisika Mengenalkan Pemanfaatan Limbah sebagai Media Pembelajaran"