Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Orang Mahasiswa TFS mengikuti National Seminar of Physics Education 2021

 


Banjarmasin (11/09), Universitas Lambung Mangkurat menyelenggarakan Seminar Nasional secara online dengan tema "Optimalisasi Pembelajaran STEM dalam mewujudkan generasi terbaik, berkarakter dan kompetitif di Era of Society 5.0". Rangkaian acara yang dilaksanakan pada tanggal 11 September 2021 tersebut dimulai pukul 08.00 WITA. National Seminar of Physics Education 2021 tersebut diikuti oleh 174 orang dari berbagai daerah di Indonesia. Ruang lingkup yang ditawarkan dalam pendaftaran National Seminar of Physics Education 2021, antara lain: (1) Strategi pembelajaran dalam pendidikan fisika; (2) Model pembelajaran dalam pendidikan fisika; (3) Metode pembelajaran dalam pendidikan fisika; (4) Media pembelajaran dalam pendidikan fisika; (5) Evaluasi pembelajaran dalam pendidikan fisika; (6) Hasil penelitian fisika; (7) Strategi, model, metode, media dan evaluasi dalam pendidikan kimia, pendidikan biologi, pendidikan matematika dan pendidikan IPA; (8) Artificial Inteligence; (9) Perkembangan sains di masa yang akan datang; (10) Pendidikan pada umumnya.



Rangkaian acara dilakukan secara online melalui Zoom Meeting dan Live Streaming di Youtube. Ada 3 keynote speaker dalam National Seminar of Physics Education 2021 sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. Sutopo, M.Si dari Universitas Negeri Malang, menyampaikan materi tentang "Developing Sciences practicing through the Learning Physics";
  2. Dr. Siska Desy Fatmaryanti, M.Si dari Universitas Muhammadiyah Purworejo, menyampaikan tentang  "Pemanfaatan Online Labs dalam Pembelajaran Fisika: Tantangan dan Peluang". Desain Pembelajaran pada Remote Laboratory dengan Pendekatan Inquiry dan Multi-Representasi;
  3. Dr. Suyidno, M.Pd dari Universitas Lambung Mangkurat, menyampaikan materi tentang  "Autonomy Based STEM Learning and Its Barier in School".



Tema dan ruang lingkup pada National Seminar of Physics Education 2021 tersebut menarik minat mahasiswa Program Studi Tadris Fisika (TFS), Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Palangka Raya. Ada 9 orang mahasiswa(i) yang berpartisipasi sebagai presenter dalam Seminar Nasional yang dilaksanakan secara online tersebut. Daftar nama yang menjadi presenter sebagai berikut.

  1. Eeiss Agustina,
  2. Dahliana,
  3. Pajrianor,
  4. Panji Ramadhan,
  5. Pajriansyah,
  6. Tasta Witdiya,
  7. Shidiq,
  8. Shoddiq,
  9. Norlaili.

Kesembilan orang tersebut membawakan topik yang berbeda walaupun dalam satu ruang lingkup. Dekan FTIK, Dr. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd mendukung penuh dan memberikan motivasi untuk mengikuti kegiatan positif seperti National Seminar of Physics Education 2021. Penulisan yang dilakukan oleh mahasiswa(i) TFS tersebut dilakukan dengan arahan oleh Ketua Program Studi TFS, Hadma Yuliani, M.Pd, M.Si melalui Kegiatan Bimbingan dan Publikasi Artikel dalam Kelompok Studi Karya Tulis Ilmiah (KTI). Harapan akan selalu aktifnya mahasiswa TFS dalam mengikuti seminar nasional ialah melatih mahasiswa(i) TFS untuk berkomunikasi dalam forum bersifat ilmiah. Selain itu, kegiatan seperti National Seminar of Physics Education 2021, menambah prespektif mahasiswa(i) terhadap ilmu pengetahuan, khususnya terkait tema dalam National Seminar of Physics 2021, yaitu: Optimazing STEM Learning in Creating a Generation that is Excellent, Character, and Competitive in the Era of Society 5.0.





2 comments for "9 Orang Mahasiswa TFS mengikuti National Seminar of Physics Education 2021"

  1. Wah, semoga bermanfaat bagi mahasiswa(i) tadris fisika dan dapat menjadi motivasi untuk lebih baik lagi,
    Terima kasih dosen-dosen fisika terutama ibu Hadma Yuliani, M.Pd, M. Si, dan ibu Nadia Azizah M.Pfis yang dengan sabar dan penuh perhatian dalam membimbing kami

    ReplyDelete