Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HMPS Tadris Fisika Mengadakan Webinar Series dengan Tema “Kontribusi Fisika Dalam Riset Dan Pendidikan Di Era New Normal”

 

Palangkaraya (4/9/20) HMPS Program studi Tadris Fisika Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya mengadakan kegiatan Webinar Series dengan Tema “Kontribusi Fisika Dalam Riset dan Pendidikan di Era New Normal”. Kegiatan yang dilakukan melalui konferensi video menggunakan aplikasi Zoom ini telah menarik minat para peserta Peserta yang terlibat terdiri dari berbagai macam kalangan mulai dari mahasiswa, guru hingga dosen dan siswa SMA. Adapun pemateri yang dihadirkan pada kegiatan kali ini berasal dari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung tepatnya Dosen Prodi Pendidikan Fisika yaitu bapak Antomi Saregar M.Pd., M. Si dan alumni prodi Tadris Fisika IAIN Palangkaraya Ibu Fitriyani S.Pd. Narasumber memaparkan isu-isu terkait kontribusi fisika di dalam riset dan membahas tentang kebijakan Pendidikan di era new normal dalam dunia pendidikan tertutama pembelajaran fisika.


Dampak pandemi Covid-19 mengakibatkan pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka. Hal ini diperlukan penyesuaian agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Terdapat tiga faktor prasayarat yang harus dipenuhi dalam pembelajaran di era New Normal seperti self-regulated learning, technology readiness and acceptance dan literasi dalam Teknnologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pembelajaran di era New Normal mengalami perubahan yang semula pembelajaran bersifat tatap muka di dalam kelas kemudian berubah menjadi pembelajaran daring, sehingga di perlukannya kontribusi ilmu fisika dalam riset dan Pendidikan di era new normal. Hal ini berpengaruh terhadap peran guru dan siswa, semula pembelajaran terpusat pada guru (teacher centered), pada era New Normal telah berubah menjadi pembelajaran yang terpusat pada siswa (students centered). Siswa dapat belajar secara mandiri dari rumah dan guru hanya sebagai fasilitator dalam penyampaian materi. Pemanfaatan teknologi harus bisa menjadi sarana guna menjembatani komunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran. 


Perlunya inovasi dari para guru membuat pembelajaran secara daring agar minat belajar siswa dapat ditingkatkan. Guru harus lebih produktif, cerdas dan kreatif dalam mengemas materi pembelajaran terutama fisika. Selain itu teori dan konsep fisika harus dijelaskan relevansinya dalam kehidupan sehari-hari agar pembelajaran fisika terkesan menyenangkan. Sehingga Program Studi Tadris Fisika perlu menyiapkan para mahasiswa dan dosen yang dapat memanfaaatkan teknologi dalam pembelajaran secara maksimal. 


Terbukti dengan kegiatan perkuliahan daring yang dilakukan di era New Normal saat ini menggunakan media pembelajaran berbasis internet sehingga dapat mendukung penyampaian materi perkuliahan dengan baik. Dengan diterapkannya pembelajaran jarak jauh menjadi alternatif yang tepat untuk diterapkan. Pembelajaran jarak jauh memiliki dua model atau bentuk yaitu sinkron dan asinkron Pembelajaran sinkron (synchronous) adalah pembelajaran yang dilakukan secara real time yaitu dimana pemebelajaran yang dilakukan antara guru dengan siswa/mahasiswa sama-sama online dan dapat melakukan kominikasi dua arah secara langsung memberikan feedback. Sedangkan pembelajaran asinkron (asynchronous) adalah pemebelajaran yang dilakukan secara tunda, maksudnya pembelajaran yang tidak harus sama-sama online akan tetapi dilakukan dengan LMS (Learning Management sistem), dimana materi sudah dipersiapkan guru/dosen supaya dapat diakses oleh siswa/mahasiswa secara fleksibel yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.



2 comments for "HMPS Tadris Fisika Mengadakan Webinar Series dengan Tema “Kontribusi Fisika Dalam Riset Dan Pendidikan Di Era New Normal”"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. this blog is very interest and relevan with article i've read, for more detail you can visit https://unair.ac.id/fisika-unair-adakan-lokakarya-sebagai-solusi-riset-kolaborasi-di-tengah-pandemi/

    ReplyDelete