Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelatihan Pemograman Alat Robotika (Mikrokontroler Arduino) Bersama Komunitas Kampung Robot

Arduino merupakan platform pengembangan mikrokontroler yang banyak digunakan untuk berbagai macam kalangan di seluruh dunia. Penggunaannya yang terbilang mudah menjadi daya tarik tersendiri bagi seluruh kalangan yang membutuhkan teknologi otomasi namun tidak menginginkan faktor kerumitan yang berlebih. Pengguna mikrokontroler yang sudah familiar dengan arsitektur yang digunakan tentu akan berpikir "kenapa harus belajar Arduino?"

Untuk menggunakan mikrokontroler adruino maka dibutuhkan sebuah program agar mikrokontroler arduino  dapat bekerja sesuai dengan keinginan kita. Untuk memprogram mikrokontroler adruino diperlukkan keahlian khusus dalam membuat programnya. Oleh karena itu program studi Tadris Fisika mengadakan pelatihan pemprograman mikrokontroler adruino untuk mahasiswa Program Studi Tadris Fisika dengan menghadirkan narasumber dari Komunitas Kampung Robot, yaitu bapak Arif Andi Yudhanarko. Diselenggarakan pada Sabtu (19/9/20) di Laboratorium Elektronika, bertujuan agar mahasiswa Program Studi Tadris Fisika dapat menguasai pemprograman mikrokontroler arduino.

Merupakan program lanjutan dari pengenalan program assembling robot dan making robot, pada tahapan ini mahasiswa peserta sejumlah 35 orang dikenalkan dengan rangkaian elektronika yang lebih kompleks dan penggunaan mekani yang lebih rumit. Program lanjutan juga merupakan program yang sudah menggunakan logika dalam pembuatan robot karena mahasiswa akan diajarkan bahasa pemrograman seperti Mikrokontroler dan Arduino. Program ini diharapkan semakin meningkatkan rasa cinta mahasiswa terhadap dunia robotika dan terus melakukan penelitian yang lebih dalam dan bermanfaat. Biasanya aplikasi dari program lanjutan robot ini ada pada dunia industri.



Arduino adalah kit elektronik berupa papan rangkaian elektronik open source dengan komponen utama didalamnya sebuah chip mikrokontroler. Karena komponen utama Arduino adalah mikrokontroler, maka Arduino dapat diprogram menggunakan komputer dan laptop sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Sebagai contoh penerapan arduino yaitu MP3 player, pengontrol motor, mesin CNC, monitor kelembaban tanah, pengukur jarak, penggerak servo, balon udara, pengontrol suhu, monitor energi, stasiun cuaca, pembaca RFID, drum elektronik, GPS logger, monitoring bensin dan masih banyak lagi.

Post a Comment for "Pelatihan Pemograman Alat Robotika (Mikrokontroler Arduino) Bersama Komunitas Kampung Robot"