Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dasar II Pokok Bahasan Inti Atom di STAIN Palangka Raya


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah
Salah satu ujung tombak yang berperan besar dalam mensukseskan sistem pendidikan khususnya dalam bidang pembelajaran ialah guru. Sehingga proses pembelajaran untuk para calon guru pada strata Sl menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan.

Fisika dasar sebagai salah satu program bersama dalam MIPA berfungsi sebagai wahana untuk membina landasan berfikir yang sama serta mengembangkan wawasan yang luas mengenai rumpun ilmunya yaitu MIPA dan berfungsi sebagai wahana bagi pengembangan sikap ilmiah serta pembinaan cara-cara belajar di perguruan tinggi. Fisika dasar diberikan dengan maksud untuk memberikan landasan berfikir Fisika yang bertolak dari pengetahuan Fisika di SMA. 
Tujuan umum atau kompetensi dasar yang ingin dicapai melalui perkuliahan Fisika dasar adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan menerapkan berbagai Prinsip dasar Fisika (mekanika, Listrik magnet, interaksi kalor, gelombang, optik, gejala kuantum, atom dan inti atom) untuk memecahkan masalah yang menyangkut sistem Fisika sederhana. Sedangkan melalui praktikum mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan melakukan pengukuran dan percobaan Fisika dasar sederhana (Dirjendikti Depdikbud:210-211). Disamping itu pelaksanaan perkuliahan Fisika dasar yang dilakukan dosen diharapkan dapat memberi pengalaman mengajar bagi mahasiswa calon guru. 

1 comment for "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dasar II Pokok Bahasan Inti Atom di STAIN Palangka Raya"

  1. langsung ke TKP untuk mendapatkan penjelasan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dasar II Pokok Bahasan Inti Atom di STAIN Palangka Raya lebih jelas,,

    ReplyDelete