Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prodi Tadris Fisika UIN Palangka Raya Perkaya Perkuliahan Evaluasi Pembelajaran dengan Hadirkan Praktisi Pendidikan

 TADRIS FISIKA - Program Studi Tadris Fisika UIN Palangka Raya terus berinovasi dalam memperkaya pengalaman belajar mahasiswa. Pada Senin (29/9), mahasiswa semester lima mengikuti perkuliahan mata kuliah perencanaan pembelajaran fisika, yang diampu oleh Ibu Sri Fatmawati, M.Pd. Perkuliahan kali ini istimewa karena menghadirkan praktisi pendidikan berpengalaman, Yeprina Prihatini Asie, S.Pd., M.Pd.

Yeprina, yang kini bertugas sebagai Guru Fisika SMA Negeri 1 Palangka Raya sekaligus Co-Captain Komunitas Belajar.id Kota Palangka Raya dan Sekretaris MGMP Fisika SMA/MA Kota Palangka Raya, membawakan materi tentang pembelajaran mendalam. Dengan pengalaman panjang sebagai fasilitator berbagai pelatihan guru di tingkat daerah hingga nasional, ia menekankan pentingnya pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan. “Anak didik tidak hanya diajak memahami materi, tetapi juga perlu dibimbing untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, mereka akan lebih sadar, termotivasi, dan merasa senang belajar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pembelajaran mendalam memerlukan perencanaan matang mulai dari identifikasi kebutuhan siswa, desain pembelajaran, asesmen, hingga pengalaman belajar. Menurutnya, karakteristik utama dari pendekatan ini adalah pemahaman mendalam, pengalaman belajar yang berkesan, refleksi, serta penerapan nyata dalam kehidupan sehari-hari. “Kunci pembelajaran mendalam adalah menciptakan pengalaman belajar yang mendorong siswa untuk merefleksi sekaligus mengaplikasikan apa yang mereka pelajari,” tambahnya.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa Prodi Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Palangkaraya tidak hanya mendapatkan materi dari dosen pengampu, tetapi juga wawasan praktis dari praktisi pendidikan. Ibu Sri Fatmawati, M.Pd., selaku pengampu mata kuliah, menegaskan bahwa menghadirkan pemateri eksternal merupakan langkah penting dalam menyiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja. “Dengan adanya pemateri dari luar, mahasiswa bisa melihat langsung bagaimana teori yang dipelajari di kampus diimplementasikan dalam praktik pembelajaran di sekolah,” jelasnya.

perkuliahan kolaboratif ini menjadi bukti komitmen Prodi Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Palangkaraya dalam melahirkan calon guru fisika yang tidak hanya kuat secara teori, tetapi juga adaptif, kreatif, dan siap menjawab tantangan nyata di dunia pendidikan.

Laporan: Zelda Savitri (Internship Humas UIN Palangka Raya)

Post a Comment for "Prodi Tadris Fisika UIN Palangka Raya Perkaya Perkuliahan Evaluasi Pembelajaran dengan Hadirkan Praktisi Pendidikan"