Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelatihan Penggunaan Alat Robotika (Mikrokontroler Arduino) Bersama Pemateri dari Komunitas Kampung Robot dan Createbox Palangkaraya

 


Pesatnya perkembangan teknologi membuat mikrokontroller arduino dapat diaplikasikan dalam robotika dan berbagi jenis proyek. Mikrokontroller arduino saat ini amat sangat familiar di gunakan di tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), mahasiswa bahkan masyarakat umum. 


Pengembangan dan peningkatan kemampuan mahasiswa program studi Tadris Fisika dalam memaksimalkan penggunaan mikrokontroller arduino perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengadakan workshop dan pelatihan mikrokontroller Arduino bersama pemateri dari Komunitas Kampung Robot (Kokaro) dan CreateBox Palangkaraya, yaitu bapak Rahmad Rudianto. Acara diselenggarakan pada Sabtu (21/03/20) di Laboratorium Fisika Elektronika IAIN Palangka Raya. Dalam hal ini pemateri sangat berpengalaman dalam pengembangan aplikasi mikrokontroller Arduino

Pelatihan yang diikuti oleh 37 mahasiswa sangat membantu mereka dalam memahami mikrokontroller arduino.  Dengan sistem teori dan praktek serta fasilitas belajar yang mumpuni akan memudahkan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikannya. Pelatihan dilaksanaan dalam waktu yang ringkas, singkat dan padat. Dengan demikian mahasiswa dapat menguasai penggunaan mikrokontroler Arduino.

Berukut ini adalah beberapa alat robotik yang digunakan selama pelatihan

·         Buku Panduan Pemrograman ARDUINO

·         Board ARDUINO UNO R3 + Kabel USB

·         Komponen pendukung : 8 LED, 8,SWITCH, Dot Matrix 5×7, Potensio Meter, Buzzer, Sensor Suhu LM35.

·         Kabel male to female arduino

·         Power supply direct port to USB computer


 Pelatihan ini mendapat sambutan  hangat  dari mahsiswa Program Studi Tadris Fisika IAIN Palangkaraya. Mereka sangat antuisias mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan Arduino yang dikemas secara menarik dan tidak membosankan tersebut, diantaranya:   pengenalan komponen elektronika dan Arduino, pengenalan pemrograman Arduino IDE dan cara mengupload program, serta pelatihan cara merangkai arduino secara mandiri. Para Mahasiswa berpendapat Pelatihan arduino ini sangat bermanfaat mereka, dan semoga kedepannya dapat dilakukan secara kontinu dan dapat diadakan setiap tahun.

Post a Comment for "Pelatihan Penggunaan Alat Robotika (Mikrokontroler Arduino) Bersama Pemateri dari Komunitas Kampung Robot dan Createbox Palangkaraya"