Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokakarya Tadris Fisika: Menelusuri Sejarah Mengalirnya Listrik ke Kalimantan Tengah


 

Banjarbaru– Pada hari Rabu, 8 Maret 2023, sebanyak 15 mahasiswa dan empat dosen pendamping dari Prodi Tadris Fisika, IAIN Palangka Raya mengadakan lokakarya ilmiah berupa kunjungan yang menggali sejarah perjalanan listrik di daerah ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana menghasilkan energi listrik dari sumber alam, terutama tenaga air.

Peserta lokakarya diajak untuk memahami bagaimana air yang mengalir melalui pipa digunakan untuk menggerakkan turbin dan menghasilkan energi listrik. Mereka belajar tentang pentingnya pengaturan sistem mekanik dan hidrolik dalam menjaga stabilitas dan efisiensi pembangkit listrik. Selain itu, para peserta juga mendapatkan wawasan yang berharga tentang sistem distribusi aliran listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) ke masyarakat.

PLTA yang menjadi pusat perhatian dalam lokakarya ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 30 Juni 1973, yang berarti kunjungan ini tepat saat PLTA tersebut berusia 50 tahun. Pembangunan PLTA ini adalah jasa dari seorang terpelajar putra daerah Kalimantan Selatan, Ir. Pangeran Muhammad Noor. PLTA tersebut telah lama menjadi sumber utama pasokan listrik bagi daerah Kalimantan Selatan dan Tengah.

Lokakarya ini memberikan peserta pemahaman yang lebih dalam tentang warisan berharga ini dan bagaimana sumber daya alam setempat dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah tersebut. Hal ini juga menggarisbawahi pentingnya pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur energi yang andal dalam memajukan daerah.

Lokakarya ini diharapkan akan memberikan wawasan yang berharga bagi para peserta yang nantinya dapat mereka aplikasikan dalam studi dan karier mereka di bidang sains dan teknologi, serta mendorong kesadaran akan pentingnya menjaga dan mengembangkan sumber daya alam secara berkelanjutan (Nad).

Post a Comment for "Lokakarya Tadris Fisika: Menelusuri Sejarah Mengalirnya Listrik ke Kalimantan Tengah"