Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HMPS Tadris Fisika Mengadakan Focus Grup Discussion Mengenai Pengembangan Model Praktikum Bersama Pakar Pendidikan Fisika

 

Palangkaraya (5/7/22) HMPS Program Studi Tadris Fisika Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya mengadakan kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) di Prodi Tadris Fisika  mengenai Pendidikan Fisika dan Laboratorium Fisika . Kegiatan yang dilakukan melalui kegiatan tatap muka yang bertempat di ruangan Laboratorium Fisika Dasar. Adapun pemateri yang dihadirkan pada kegiatan kali ini berasal dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tepatnya dosen Pendidikan Fisika yaitu bapak Dr. Muhammad Minan Chusaini, M.Pd.. Narasumber memaparkan mengenai Pengembangan Model Praktikum dalam bentuk Virtual Lab yang diakses melalui laptop dan Handphone dengan berbasis android.

Dampak pandemi Covid-19 mengakibatkan pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka. Agar praktikum dapat berjalan dengan lancar pada masa pandemi maka dikembangkanlah praktikum yang berbasis virtual lab untuk menghindari kontak lansung untuk menghindari mahasiswa terpapar virus Corona. Hal ini diperlukan penyesuaian agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Maka dari itu untuk kelancaran praktikum selanjutnya dilakukan forum diskusi secara langsung dan tatap muka agar mahasiswa lebih memahami mengenai virtual lab mengenai praktikum yang akan di praktekkan kedepannya, kegiatan ini tentunya diikuti dengan memenuhi protocol kesahatan dengan dihadiri oleh mahasiswa yang dengan menaati protokol kesehatan.

Diskusi dilakukan dengan peserta pada forum membuka link yang diberikan oleh pihak pemateri lalau dilakukan praktikum. Sebelum praktikum berlangsung mahasiswa yang akan menjadi praktikan dianjurkan untuk menjawab soal melalui Google form secara berkelompok dengan batas waktu yang telah ditentukan  untuk memastikan praktikan memahami materi yang akan di praktekkan. Praktikum dilakukan secara virtual melalui website https://virtual-msl.vercel.app/dashboard/praktikum. Pada akhir kegiatan masiswa membuat video pesan dan gesan mengenai FGD ini sesuai instruksi dari pemateri.



 


Post a Comment for " HMPS Tadris Fisika Mengadakan Focus Grup Discussion Mengenai Pengembangan Model Praktikum Bersama Pakar Pendidikan Fisika"