Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelatihan Pembuatan Projek Solar Tracker Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika Bersama Komunitas Kampung Robot dan Createbox Palangkaraya

 


Setelah mengadakan pelatihan pengenalan dan pemrograman alat Robotika maka Program Studi Tadris Fisika FTIK IAIN Palangka Raya membuat projek robotik yakni solar tracker. Projek dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Tadris Fisika di bawah bimbingan bapak Rahmad Rudianto. Beliau sebagai perwakilan dari lembaga Komunitas Kampung Robot dan CreateBox Palangka Raya. Projek ini berlangsung pada Hari Sabtu (17/4/21) di laboratorium Fisika Elektronika IAIN Palangkaraya. Kegiatan diikuti oleh 25 orang mahasiswa Tadris Fisika.


Solar tracker adalah perangkat yang yang berfungsi untuk mengatur panel surya agar mengikuti matahari saat bergerak melintasi langit. Ketika solar tracker digabungkan dengan panel surya, panel surya akan mengikuti jalur matahari dan menghasilkan lebih banyak energi. Solar tracker biasanya dipasangkan dengan sistem tenaga surya yang dipasang di tanah tetapi baru-baru ini solar tracker juga dapat dipasang di atap rumah. Biasanya, peralatan solar tracker akan dihubungkan ke rak panel surya. Dari sana, panel surya akan bisa bergerak seiring dengan pergerakan matahari.



Teknologi solar tracker terbaru sudah bekerja secara otomatis tanpa ada campur tangan manusia. Cara kerja solar tracker adalah mendeteksi perubahan pergerakan cahaya matahari dan mengubah sudut panel surya untuk diarahkan ke titik baru matahari berada. Dan pada projek kali ini panel surya akan mengikuti jalur matahari secara otomatis dan menghasilkan lebih banyak energi. Pada projek ini menggunakan mikrokontroler arduino dan beberapa  sensor cahaya sebagai pendeteksi arah sinar matahari kemudian menggunakan motor penggerak untuk menghadapkan panel surya ke  arah sinar matahari.

Post a Comment for "Pelatihan Pembuatan Projek Solar Tracker Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika Bersama Komunitas Kampung Robot dan Createbox Palangkaraya"