Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prodi Tadris Fisika FTIK IAIN Palangka Raya Berhasil Lakukan Uji Coba Kincir Air Di Sungai Kahayan


Program Studi Tadris Fisika bekerjasama berhasil melakukan ujicoba pembangkit listrik tenaga kincir air di Sungai Kahayan, Kelurahan Pahandut Seberang, Kota Palangka Raya pada  hari sabtu tanggal 25 Juli 2020.

Tujuan dari pengembangan kincir air sebagai pembangkit Listrik Tenaga Air di Provinsi Kalimantan tengah sungai kalimantan memiliki potensi sumberdaya air yang sangat besat yang mengalir sepanjang tahun dengan debit dan ketinggian yang relatif cukup apabila dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif serta diharapkan berguna bagi masyarakat di daerah terpencil.




Penelitian ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Tadris Fisika FTIK IAIN Palangka Raya yang diketuai Suhartono, M.Pd.Si. Dalam penelitian ini masih terdapat kendala yaitu pada sistem sambungan rantai dan gearbox sehingga daya yang dihasilkan belum optimal. Kolabarasi yang dilakukan dosen dan peneliti muda ini dengan menggunakan sampel sungai kahayan menghasilkan daya yang ditaksir 400 watt dari target 800 sampai 1000 watt.



Pembangkit listrik terapung saat ini masih sebuah prototipe atau bahan uji coba sebelum disempurnakan hingga digunakan secara massal, penelitian terus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Dana penelitian ini didukung Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia melalui LP2M IAIN Palangka Raya.

 

Post a Comment for "Prodi Tadris Fisika FTIK IAIN Palangka Raya Berhasil Lakukan Uji Coba Kincir Air Di Sungai Kahayan"