Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Visi Keilmuan Baru Menuju Prodi Tadris Fisika sebagai Prodi yang Unggul

 

Visi Keilmuan Program Studi Tadris Fisika telah disusun dan ditetapkan melalui SK Dekan FTIK No. 120 tahun 2019 tentang Penetapan Visi Misi Program Studi Tadris Fisika FTIK IAIN Palangka Raya. Selanjutnya, dibentuk tim sosialisasi melalui SK Dekan FTIK No. 12 tahun 2020 tentang Tim Sosialisasi Visi Misi Program Studi Tadris Fisika FTIK IAIN Palangka Raya. Pembentukan Tim Sosialisasi diperlukan agar Visi Keilmuan yang telah disusun dapat diketahui dan dipahami secara luas oleh civitas akademika, masyarakat, calon mahasiswa, dan pengguna lulusan.

Mekanisme penyusunan Visi Keilmuan tersebut melalui kajian Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi (VMTS) IAIN Palangka Raya, kemudian melakukan telaah terhadap VMTS Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya. Visi IAIN Palangka Raya adalah "Menjadi perguruan Tinggi yang Unggul, Berkarakter Islami Terpercaya di kawasan Asia pada Tahun 2039". Sedangkan Visi FTIK IAIN Palangka Raya adalah, "Unggul dalam mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dan berkarakter Islami di Kawasan Asia Tahun 2039". Semangat untuk menjadi institusi yang unggul, terpercaya, menghasilkan lulusan yang profesional, serta corak keislaman yang kuat, terbaca jelas pada Visi IAIN Palangka Raya dan FTIK IAIN Palangka Raya.

Tim Penyusunan Visi Keilmuan Program Tadris Fisika melalui kegiatan yang dilaksanakan pada bulan November s.d. Desember 2019 telah selesai merumuskan Visi Keilmuan berdasarkan VMTS Fakultas dan Institut. Visi Keilmuan Prodi Tadris Fisika tersebut adalah, "Menghasilkan Pendidik Bidang Fisika yang Unggul dalam Pengembangan Pembelajaran Adaptif, Kompetitif dan Berkarakter Islami". Penjelasan terhadap Visi Keilmuan ini adalah sebagai berikut:

1. Menghasilkan Pendidik Bidang Fisika:
- Prodi Tadris Fisika bertujuan menghasilkan lulusan yang Unggul.
- Lulusan ini dibekali oleh berbagai macam pengetahuan dan kemampuan baik aspek pengetahuan fisika dan aspek pedagogik.
- Dosen pada Prodi Tadris Fisika juga terdiri dari dua bidang keahlian yaitu keilmuan fisika dan keilmuan pedagagogik/pengajaran.
- Lulusan yang dihasilkan dapat berprofesi sesuai Profil Lulusan (guru, wirausahawan, karyawan, laboran, dll)
- Lulusan mampu memahami perkembangan keilmuan fisika dan menyampaikannya kepada masyarakat atau diterapkan dalam bidang pekerjaan yang sedang ditekuni.
 
2. Unggul dalam Pengembangan Pembelajaran Adaptif:
- Dosen dan Lulusan memahami keilmuan fisika dari klasik sampai modern
- Dosen dan Lulusan memahami perkembangan riset fisika terkini (LIGO untuk pendeteksian Gelombang Gravitasi, Large Hadron Collider untuk menyelidiki partikel elementer, Rencana Peluncuran James Webb Space Telescop tahun 2022 untuk memahami benda langit, proyek Event Horizon Telescop untuk mempelajari gambaran tentang lubang hitam, ECT/EIT penerapan ilmu fisika untuk pencitraan medis, Komputer dan komputasi Kuantum,dll)
- Dosen dan mahasiswa melakukan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam pembelajaran yang modern (menggunakan Teknologi Informasi seperti simulasi interaktif, ebook, emagazine, aplikasi komputer, aplikasi mobile, aplikasi berbasis web, dll)
- Dosen dan mahasiswa melakukan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam format pembelajaran yang mendayagunakan potensi lokal di sekolah sebagai sarana pembelajaran (memanfaatkan alat peraga sederhana dari bahan yang ada di lingkungan sekolah sesuai kompetensi dasar yang ingin dicapai)

3. Kompetitif:
- Prodi Tadris Fisika mampu bersaing di level nasional dan internasional, dengan memperoleh akreditasi Unggul di tahun 2022
- Setiap inovasi dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dimuat di website Prodi untuk diketahui dan dikembangkan/adopsi oleh masyarakat terutama pendidik bidang fisika
- Topik penelitian ditentukan melalui Peta Jalan Penelitian
- Dosen yang bidangnya berkesuaian dikelompokkan dalam Kelompok Riset
- Mewajibkan publikasi kepada calon lulusan minimal jurnal nasional, didorong untuk jurnal nasional terakreditasi SINTA.
- Publikasi untuk dosen dituntut sesuai Jabatan Fungsionalnya
- Pengabdian masyarakat ditentukan melalui Peta Jalan Pengabdian kepada Masyarakat yang disusun berdasarkan prioritas masalah di masyarakat yang sesuai bidang keilmuan fisika

4. Berkarakter Islami:
- Dosen dan mahasiswa memahami dan menjalankan ajaran agama Islam, terutama memiliki dan menampakkan "Akhlakul Karimah", dalam kehidupan sehari-hari
- Dosen dan mahasiswa memahami nilai-nilai luhur dalam agama Islam dan menerapkannya dalam kehidupan akademis
- Dosen dan mahasiswa memahami dan melaksanakan nilai-nilai toleransi, moderasi beragama, dan pluralitas dari ajaran agama Islam dalam kehidupan berbangsa
- Dosen dan mahasiswa mengintegrasikan pemikiran ilmiah dalam agama dan sains untuk mencapai kehidupan masyarakat yang lebih baik
- Dosen dan Mahasiswa mampu berdakwah/mengajak masyarakat untuk saling "Fastabiqul Khairat", berlomba-lomba dalam kebaikan sesuai nilai dan ajaran Agama Islam.

Demikian Visi Keilmuan Program Studi Tadris Fisika yang telah ditetapkan.

Post a Comment for "Visi Keilmuan Baru Menuju Prodi Tadris Fisika sebagai Prodi yang Unggul"